Hari Ini

SETI meluncurkan aplikasi smartphone pemburu alien?

Update 16 March 2011 at 22:38. Dalam topik Science



Ini ada berita menarik. menurut beberapa sumber yang saya baca, SETI sudah meluncurkan versi beta dari SetiQuest Explorer, software aplikasi mereka untuk memproses data-data dari luar angkasa pada tanggal 10 Maret lalu. Bagi yang belum tahu apa itu SETI dan apa pekerjaan mereka, akan dijelaskan dibawah.


1. Penjelasan singkat mengenai SETI
SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence), adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan untuk dapat berkomunikasi dengan makhluk extratrerrestrial (alien), atau mencari tanda-tanda kehidupan di luar bumi. SETI terutama beroperasi menggunakan sinyal-sinyal radio yang mereka arahkan ke luar angkasa. SETI selama masa berjalannya sering dikritik, banyak yang mengira SETI terlalu "optimis" dalam harapan menemukan makhluk asing, dan bahkan praktek-prakteknya sering disebut pseudoscience (sains boong-boongan). Tetapi mereka tidak menyerah dan bahkan meminta tolong bagi para orang awam dalam membantu mereka menjalankan misi mereka.

2. Tentang Aplikasi
 Aplikasi ini ditujukan terutama untuk para pengamat astronomi amatir agar mereka dapat membantu mengerjakan tugas-tugas yang tidak dapat dikerjakan oleh komputer. SetiQuest Explorer berjalan pada Android 2.2, tapi sudah akan bisa digunakan pada iPhone beberapa bulan lagi. Mereka juga membuat versi komputernya.

Google Sky melalui SetiQuest Explorer

Cara memakainya adalah dengan pertama log-in SetiQuest Explorer melalui Facebook (buat dulu apabila belum punya), lalu potongan-potongan gambar dari alam semesta diperlihatkan dengan Google Sky yang akan memperlihatkan informasi-informasi yang berkaitan tentang target kita, seperti nama bintang, jarak menuju bumi, koordinat dan berapa planet yang mengorbitnya. Setelah kita memilih target, kita akan dihadapkan dengan
sinyal-sinyal radio yang berbentuk titik-titik static (seperti apabila TV kehilangan sinyal) dan kita harus mencari perbedaan/anomali antara sinyal yang kita lihat dan informasi yang disediakan sebelumnya untuk menentukan dari manakah asal sinyal tersebut.

sinyal-sinyal dari luar angkasa

 SETI yang sudah berkecimpung bertahun-tahun dalam pencarian makhluk luar angkasa sangatlah antusias terhadap proyek-proyek seperti ini, seperti ucapan Jill Tarter, direktur institusi SETI, "Kita melihat diri kita sangat unik dan berbeda." katanya. "Proyek ini memiliki efek mengubah kultur dan budaya untuk seluruh planet ini, dan kita tidak melihat batas-batas nasional di luar sana... hal ini dapat membantu meremehkan perbedaan antar manusia dan, semoga, mengubah dunia sedikit."

Yah, ternyata tidak ada tembak-tembakan antar manusia dan ras makhluk luar angkasa seperti di videogame, atau mesin untuk melacak keberadaan UFO dan menghancurkannya seperti pada film-film sains fiksi. Tetapi tetap saja ini merupakan hal yang menarik karena bisa saja kita melacak sinyal-sinyal di planet yang bisa dihuni, dan ternyata kita menemukan kehidupan pertama di luar bumi!

bagi yang berminat, kunjungi website SetiQuest untuk pendaftaran dan mungkin ingin mencari sesuatu yang mirip seperti Galaxy Zoo. Selamat menjelajahi alam semesta!

sumber : news.cnet.com