Hari Ini

Cryptid-Cryptid Langit

Update 14 May 2011 at 13:09. Dalam topik Cryptozoology

Pertama saya ingin minta maaf atas lambatnya waktu posting karena mulai dari 2 hari kemarin, blogger mengalami semacam crash hingga ada beberapa materi yang hilang dan tidak tersimpan.

Bagi para pembaca yang sudah membaca judul posting di atas, pasti mengira postingan ini akan berisi hal-hal yang berhubungan dengan Thunderbird, Mothman, Ropen, atau bahkan Ahool beserta cryptid-cryptid terbang lainnya.
Tetapi bukan. Karena menurut saya "hewan-hewan" diatas sudah termasuk "umum" dalam hal popularitas. Jadi saya akan menulis tentang hal yang lain. Hal yang benar-benar dikatakan hidup di langit.


Cryptid Langit adalah istilah saya sendiri, untuk menyebut makhluk yang dalam dunia barat dikenal dengan nama "Atmospheric Beast". "Makhluk Atmosfer" terasa tidak begitu enak di telinga saya, jadi saya menciptakan istilah sendiri.

Jadi, sekarang kita akan ke pokok artikel.

(Ilustrasi paling umum, banyak terdapat pada blog yang lain)


Apakah yang dimaksud Cryptid Langit itu ? 


Mereka adalah salah satu jenis yang termasuk paling aneh dan misterius dalam dunia Crypozoology. Beberapa jenis sudah dibuktikan Hoax, biarpun dibuat dengan tidak sengaja, dan masih ada pihak yang tidak setuju.
Menurut saksi mata, mereka lebih mirip "hantu" daripada makhluk hidup sebenarnya. Ciri-ciri khusus yang membedakan mereka dari cryptid konvensional lainnya, mereka tidak butuh sayap untuk terbang, tubuh mereka rapuh, sangat ringan bahkan tidak sepenuhnya padat, dan bersifat Translusen (tembus pandang sebagian). Ada yang mengatakan dapat mengubah-ubah massa, ukuran dan kepadatan mereka seenaknya, jenis yang kecil memiliki badan yang berwarna metalik, dan yang besar berbentuk seperti awan, yang sudah tampak tembus pandang sepenuhnya, dan ada pula yang berpendar.

Orang-orang yang percaya mengatakan bahwa habitat asli mereka adalah langit, dan mereka bisa mati apabila turun ke daratan. Meskipun banyak dari ciri-ciri diatas kedengaran mengada-ngada, mereka juga memiliki ciri-ciri yang melambangkan hewan. Kebanyakan berbentuk seperti paus (atau awan berbentuk paus), sehingga disebut "paus langit". Banyak saksi mata yang mengaku melihat mereka bergerak jauh lebih cepat dari awan biasa, bermaneuver secara bebas, bahkan menyemprotkan air pada saksi mata. Cryptid-cryptid yang lebih padat memiliki ciri-ciri yang lebih mirip hewan normal.  Contohnya sirip, bibir, mata dan organ lainnya, yang dikatakan lebih mirip alien daripada sungguhan, atau mirip dengan invertebrata-invertebrata aneh dari laut dalam.


(Hanya penggambaran, bukan yang sebenarnya)

Begitu anehnya penampakan mereka, saksi mata lebih menyukai ide bahwa mereka adalah alien melainkan hewan dari bumi. Biarpun begitu, mereka diklasifikasikan sebagai hewan, bukan sebagai makhluk alien berkepala besar yang akan menguasai bumi. Teori yang benar-benar aneh mengatakan bahwa mereka adalah makhluk yang terbentuk dari gas-gas yang tersebar di Tata Surya. Jadi mereka merupakan alien tanpa planet, yang mampu "berenang" melewati ruang angkasa.

Cukup dengan teori pengertiannya, sekarang kita akan mengamati kasus-kasus/contoh makhluk yang dianggap sebagai Cryptid Langit :

1. Crawfordsvile Monster

Seperti gambar ilustrasi paling atas, kasus ini adalah contoh paling umum dari penampakan cryptid langit. Dari semua sumber yang saya baca, hampir semua berasal dari sumber yang sama dan menampilkan kasus ini.

Cerita dimulai dari 5 September tahun 1891. Pukul 02.00 dini hari, pada hari Sabtu tanggal tersebut, Pengantar es daerah tersebut (abad 19 masih ada pengantar es, bukan kulkas) Marshall Mcintyre beserta Bill Gray sedang mempersiapkan kendaraan mereka ketika tiba-tiba mereka merasakan ada "hawa aneh" yang merasuki mereka dan membuat bulu kuduk mereka merinding, sebut The Indianapolis Journal, surat kabar lokal. Seketika dengan penasaran, mereka menoleh keatas, dan tampaklah seekor "benda mengerikan".

 Surat kabar lain, The Crawfordsville Journal, menulis ciri-ciri makhluk itu : 18 kaki panjangnya, lebar 8 kaki, memiliki sirip-sirip yang berpasangan di sisi tubuhnya, mata merah besar membara, memiliki tubuh putih bersih dengan bentuk yang tidak jelas, dan mulut "tak terlihat", mengeluarkan desahan-desahan menyedihkan yang menusuk hati selama ia melintasi udara seperti kain besar yang ditiup angin. McIntyre dan Gray mengamati makhluk itu hampir selama satu jam sebelum mereka menyelamatkan diri ke peternakan milik mereka.

(Ilustrasi. beberapa ciri-ciri tidak sesuai)

Tetapi mereka bukanlah saksi mata yang paling diandalkan dalam peristiwa ini. Banyak versi merujuk pada Pastor gereja G.W Switzer sebagai sumber. Segera setelah dini hari, ia berjalan keluar dari rumahnya unutk mengambil air dari sumur, makhluk tersebut sudah menampakkan diri di dekat rumahnya. Ia memata-matai pergerakan makhluk tersebut dan membangunkan istrinya untuk melihatnya. Mereka berdua tertegun melihat pergerakan makhluk tersebut yang terlihat seperti " Berenang melewati air dengan gerakan meronta dan berputar-putar, mirip dengan gerakan melata beberapa jenis ular". Bahkan Pastor Switzer pernah diwawancarai oleh penyelidik misteri legendaris, Charles Fort. Akan tetapi, masyarakat setempat meremehkan berita tersebut, dan mengira para saksi mata berhalusinasi ketika mereka sedang mabuk.

Untungnya, 2 orang saksi mata berhasil melacak Monster Crawfordsville. John Hornbeck dan Abe Henley mengejar makhluk itu, dan membuat beberapa penjelasan yang mengejutkan tentang penampakan ini :

1. Monster Crawfordsville hanyalah sekelompok burung, dengan bagian sayap bawah berwarna putih terbang bersama-sama dan mengeluarkan suara aneh. Kemungkinan mereka berperilaku aneh seperti ini disebabkan oleh sistem listrik yang baru dipasang di Crawfordsville, sehingga membuat bingung burung-burung yang sedang terbang, dan mengarahkan mereka menuju kota. Keadaan yang lembab pada saat itu dan rendahnya jarak pandang membuat misidentifikasi menjadi mungkin.  

2. Surat kabar The Crawfordsville Journal melebih-lebihkan cerita yang ternyata merupakan peristiwa biasa, agar mereka dapat menambah penjualan.

Jadi, menurut saya fenomena Crawfordsville Monster lebih mengarah ke Hoax untuk publikasi atau misidentifikasi.

2. Flying Rod

Inilah jenis yang paling dikenal dari Cryptid-Cryptid langit pada zaman sekarang, meskipun ada dari beberapa pembaca yang mungkin belum pernah mendengarnya. "Tongkat Terbang", begitulah mereka disebut, merupakan salah satu cryptid yang paling aneh, dan juga paling kontroversial. 


Penemuan tentang makhluk kontroversial ini dimulai pada tahun 1994 (berarti flying rod termasuk "baru" dalam dunia cryptozoology) saat pembuat film, Jose Escamilla, merekam benda-benda aneh bergerak di udara mengelilingi pemandangan ketika ia sedang membuat film di Midway, New Mexico.

 "Benda-benda" ini bergerak terlalu cepat untuk dilihat dengan mata terlanjang, tetapi dapat dilihat dengan kamera, dan memutar kembali  filmnya dengan slow motion. Mereka kelihatan seperti memiliki "sirip" di bagian dada yang bergerak dengan cara bergelombang, yang mirip seperti hewan-hewan laut, seperti sotong. Karena itu mereka juga disebut sebagai "sky fish". Tidak seperti Cryptid pada lazimnya yang memiliki habitat yang terbatas, makhluk-makhluk ini telah terlihat di banyak negara di seluruh penjuru dunia.

Pada banyak situasi, Flying Rod memiliki semacam kecerdasan tersendiri, selain hanya terbang lurus tanpa arah dengan kecepatan tinggi. Bahkan ada rekaman yang menunjukkan flying rod berputar mengelilingi orang.


Seperti yang kita ketahui, apabila keberadaan suatu makhluk begitu "melimpah", mengapa tidak ada yang mengakui keberadaannya? apakah bisa hewan yang sudah terlihat di seluruh penjuru dunia tidak dianggap nyata? sepertinya, sama seperti keberadaan hantu, tetap saja ada faktor-faktor yang menghalangi Flying Rod diakui oleh dunia :

1. Walaupun Flying Rod tersebar di mana-mana dan bisa memiliki ukuran sampai hampir 1 meter, tidak ada bukti yang padat dan nyata, seperti jasad ataupun zat-zat sisa yang ditinggalkan oleh mereka.

2. Flying Rod dikenal sebagai makhluk yang tidak terlihat (invisible), sebesar apapun ukuran mereka. Pada masa ini, belum ditemukan makhluk yang bisa benar-benar tidak terlihat, selain ditinjau dari faktor ukuran (mikroorgansime, yang tentu saja berbeda) dan sains fiksi. Hal yang tersedia di alam yang paling mendekati invisibility adalah makhluk transparan, seperti ubur-ubur. Tetapi tentu saja transparansi ubur-ubur juga berbeda jauh dengan klaim-klaim flying rod.

3. Hanya beberapa jenis kamera yang bisa mengkap "hewan" ini. Kamera-kamera harus dapat merubah panjang gelombang yang "tidak terlihat" dari Flying Rod ini agar bisa dilihat oleh mata, apabila Flying Rod benar-benar tidak terlihat oleh mata telanjang. Sebelum orang-orang dapat merekam pantulan tidak terlihat dari Flying Rod menuju semua kamera standar (bukan infrared dll) tanpa mengganggu panjang gelombang cahaya yang dapat terlihat, keberadaan Flying Rod tidak dapat dibuktikan.

4. Adanya eksperimen-eksperimen yang membuktikan bahwa penampakan Flying Rod dapat dengan mudah direproduksi kembali dengan teknik yang sangat alami dan sederhana, menunjukkan bahwa Flying Rods kemungkinan besar merupakan kesalahan alami saat merekam dan bukan merupakan sejenis hewan yang baru (merekam serangga yang kecepatan terbangnya tidak sesuai dengan perputaran film kamera, dll).

Angel's Hair

Lain daripada yang lain, fenomena Angel's Hair membuat artikel-artikel yang sudah saya tulis di atas terlihat "biasa-biasa saja". Bahkan mungkin Angel's Hair merupakan bukti akan adanya Cryptid Langit (mungkin zat sisa yang dikeluarkan), dan hubungan mereka dengan Extraterrestrial.

Fenomena ini sudah bertahan selama berabad-abad. Materi yang sangat lembut dan rapuh seperti jaring laba-laba jatuh ke bumi. Kadang hanya satu, kadang terkumpul sekian kilometer panjangnya seperti kain sutra raksasa yang terbawa angin. Apabila disentuh, mereka langsung menghilang layaknya udara. Sifat yang berbau "gaib" inilah yang membuat mereka dikatakan sebagai Rambut Malaikat



Mari kita melihat penampakan-penampakan mereka dalam sejarah. Pada akhir abad ke-19, di kota Montgomery, Amerika Serikat melaporkan adanya materi-materi berbentuk jaring berjatuhan di sekitar mereka. Menurut saksi mata, benang-benang dari jaring tersebut tampak seperti serat-serat asbes (mineral yang tahan terhadap panas, listrik, kedap suara, dll) yang berpendar.



 Lalu ke salah satu penampakan yang paling terkenal. Pada tahun 1952, penduduk daerah Oloron, Perancis mengaku melihat sebuah "Tabung Besar" (kemungkinan UFO berbentuk silinder) terbang di atas mereka. Di bawah "UFO" tersebut, terkumpul benda-benda yang lebih kecil, berbentuk seperti UFO tradisional dengan badan berwarna merah dan cincin berwarna kuning. Segera setelah mereka lepas landas, benang-benang halus berjatuhan di sekitar mereka. Penduduk mengambilnya dan saat mereka menggulungnya menjadi berbentuk bola, benda tersebut berubah menjadi semacam jelly dan hilang seketika. Peristiwa ini terulang 10 hari berikutnya di Gaillac, juga di Perancis.

(Ilustrasi by : GEOS/Mary Evans Pictures Library) 

Tetapi bukan karena Angel's Hair langsung hilang setelah didapat, mereka tidak dapat ditangkap dan diteliti. Pada tahun 1967, peneliti zaman Uni Soviet B.V Lyapunov, berhasil mendapat sampel Angel's Hair dari Selandia Baru. Penelitian mendalam menyimpulkan bahwa benang-benang yang didapat dari sampel tersebut sangatlah halus, mencapai kurang dari 0,1 mikron (1 mikron/mikrometer = 1/1000 mm) dan kebanyakan mengikat bersama-sama membentuk materi yang berwarna putih hampir transparan dan juga sangat tipis. Para Ilmuwan menyatakan sampel Angel's Hair yang didapat tidaklah mungkin dibuat di alam. 




Teori-teori yang bisa digunakan untuk menjelaskan fenomena ini :

1. Angel's Hair termasuk bagian dari Atmospheric Beast (tentu saja, karena postingan ini bertema itu), setidaknya merupakan zat sisa dari Atmospheric Beast (kulit yang lepas, kotoran, bekas reproduksi, dll)

2. Penjelasan yang paling terkenal, sisa-sisa dari kunjungan UFO, karena banyak pihak yang meneliti Angel's Hair mengatakan peristiwa ini paling seling terjadi setelah penampakan UFO besar-besaran. Misalnya ada yang mengatakan benda-benda ini terbentuk dari energi bekas UFO yang termaterialisasi, seperti pada tahun 1998 di Wales Utara, dimana 20 bola-bola halus berwarna perak terbentuk setelah penampakan UFO.

3. Debu radioaktif yang terkumpul. Brian Boldman, peneliti kasus-kasus Angel's Hair menemukan sampel yang bersifat radioaktif di Horsehead, New York tahun 1995. Ia mengira sampel yang terbentuk merupakan kapas yang terkontaminasi saat percobaan nuklir di Nevada, 3 hari sebelumnya.

4. ada sumber yang mengatakan Angel's Hair adalah zat-zat Ektoplasma (sejenis zat spiritual berupa kabut atau cairan kental yang biasa ditemukan pada penampakan hantu) yang terbentuk saat kegiatan spiritual.

5. Laporan Condon, salah satu hasil penelitian pemerintah AS terhadap materi-materi UFO, menganalisa Angel's Hair sebagai "rumput luar angkasa" atau "sekam aluminium" yang digunakan militer untuk mengacaukan radar.

6. Produk dari Chemtrail, awan bekas pesawat yang menetap di langit lebih lama dari seharusnya, dan masih mengundang kontroversi.

7. Dan tentu saja penjelasan yang paling sederhana dan masuk akal adalah sebenarnya Angel's Hair hanyalah jaring laba-laba yang terkumpul dan terbawa angin, sehingga menjadi rapuh dan pecah ketika disentuh. Teori ini didasari oleh perilaku beberapa jenis laba-laba yang menggunakan jaring untuk melayang di udara. Kebanyakan yang menggunakan teknik ini adalah laba-laba yang baru lahir.



Jadi apakah yang dapat disimpulkan dari semua peristiwa ini? apakah benar-benar ada hewan misterius yang tersembunyi dari pandangan kita? ataukah hanya imajinasi belaka? ataukah orang-orang yang terlalu imajinatif mengkhayal ketika melihat awan? saya tidak tahu, karena saya tidak pernah melihat secara langsung :} tetapi agar pembaca tetap terhibur, saya menyertakan video :

 

hmm, awan yang mencurigakan


sumber : (english.pravda.ru, www.openminds.tv, wikipedia, youtube, www.lane-mchs.org, www.subversiveelement.com, www.newanimal.org, www.skeptoid.com )